Pages

Jumat, 29 Oktober 2010

pemasaran modern


Dalam proses marketing atau pemasaran di bagi menjadi 3 bagian proses menurut tabel modern marketing yaitu :

Strategy : langkah atau cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan marketing untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan kunci utama dari konsep pemasaran dan strategi pemasaran.
dalam membuat strategy marketing ada 3 bagian penting yaitu segmentasi, targeting dan positioning.

Segmentasi : proses pengelompokkan bagian - bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam. segmentasi memiliki tujuan yaitu untuk memperoleh bagian pasar dan mempunyai karakter.
Basis segmentasi pasar terdiri dari geografis, demografis, psikografis, kebiasaan.

Targeting : sasaran pasar. Segmentasi tadi akan memberikan peluang untuk perusahaan dalam menentukan kelompok pasar yang akan di pilih menjadi sasaran atau targetnya.

Positioning : setelah menentukan sasaran pasar, selanjutnya menempatkan posisi produk di pasar. menempatkan posisi produk adalah merancang atribut - atribut fungsional dan nonfungsionalkan produk. pilihan dalam posisi produk yaitu berdasarkan atribut, manfaat produk, penggunaan produk, pemakai produk dan membedakan langsung dengan pesaing.
 
Tactic : suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai didalam marketing untuk mengalahkan pesaing secara sportif guna mencapai tujuan. dalam taktik marketing ada 3 bagian yaitu selling, marketing mix dan diferentiation.

Selling : proses untuk meyakinkan seorang calon konsumen untuk meraih penjualan. Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual untuk mengubah produk/jasanya  menjadi uang kontan.

Marketing Mix : bauran pemasaran yang bagian - bagiannya merupakan hal terpenting dari taktik pemasaran. bagian - bagian tersebut meliputi produk, place, price, promotion dan distribution.

Diferentiation : Cara pemasar untuk membuat produk memiliki nilai yang berbeda untuk mendukung penempatan posisi produk di dalam persaingan pasar. diferentiation dapat dibedakan berdasarkan fisik, pelayanan, personel dan citra produk.

Value : nilai dalam marketing dalam bagaimana pemasar dalam membuat sentuhan emosional customer. value memiliki 3 bagian yaitu brand, process, service

Brand : merk atau nama yang merupakan identitas dari suatu perusahaan dan produk.

Process : proses disini aalah proses bagaimana menerima produk baru. proses ini memiliki 5 tahapan yaitu kesadaran, minat, evaluasi, coba dan menerima.

Service : service adalah jasa yang merupakan suatu produk yang tidak dapat dilihat tetapi hanya dapat dirasakan. Jasa meliputi segala bentuk hasil kegiatan produksi yang ditawarkan untuk konsumsi pihak lain.

0 komentar:

Posting Komentar