Pages

Selasa, 28 September 2010

Nasehat Nan Penuh Kenangan dari Rasulullah S.A.W

penulis Al Ustadz Muslim Abu Ishaq Al Atsary
Syariah Hadits 05 - Juli - 2003 07:46:12

Al Imam Abu Dawud meriwayatkan dari sahabat yg mulia Al ‘Irbadh bin Sariyah radliallahu anhu bahwa ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menasihatkan kepada kami dgn satu nasihat yg menggetarkan hati-hati kami dan air mata pun berlinang karenanya. mk ketika itu kami mengatakan: “Duhai Rasulullah nasihat ini seperti nasihat orang yg mau mengucapkan selamat tinggal krn itu berilah wasiat kepada kami.” Beliau pun bersabda:

u wasiatkan kepada kalian bertakwa kepada Allah utk mendengar dan taat walaupun yg memerintah kalian itu seorang budak. Dan barangsiapa di antara kalian yg masih hidup sepeninggalku niscaya dia akan melihat perselisihan yg banyak. Karena itu wajib atas kalian utk berpegang dgn sunnahku dan sunnah Al Khulafa’ Ar Rasyidin yg mendapatkan petunjuk. Pegang erat-erat sunnah itu dgn gigi geraham kalian. Dan hati-hati kalian dari perkara-perkara baru krn tiap perkara baru itu sesat.”

Penjelasan Hadits

Al Hafidz Abu Nu‘aim berkata: “Hadits ini jayyid termasuk hadits yg shahih dari periwayatan orang2 Syam.” Beliau juga mengatakan: “Al Bukhari dan Muslim meninggalkan hadits ini bukan krn mengingkarinya.”

Al Hakim menyatakan Al Bukhari dan Muslim meninggalkan penyebutan hadits ini disebabkan anggapan yg keliru dari kedua bahwa tdk ada seorang rawi pun yg meriwayatkan dari Khalid bin Ma‘dan kecuali Ats Tsaur bin Yazid padahal sebenar ada perawi lain yg meriwayatkan dari Khalid seperti Buhair bin Sa‘ad Muhammad bin Ibrahim At Taimi dan selain keduanya.

Namun pernyataan Al Hakim ini dijawab oleh Al Hafidz Ibnu Rajab: “Sebenar hal ini tidaklah seperti persangkaan Al Hakim. Adapun Al Bukhari dan Muslim tdk mengambil hadits ini krn hadits ini tdk memenuhi syarat mereka berdua di dlm kitab shahih di mana Al Bukhari dan Muslim sama sekali tdk mengeluarkan dlm shahih riwayat dari Abdurrrahman bin Amr As Sulami dan dari Hujr Al Kala`i. Dan juga dua orang rawi yg disebut ini tidaklah terkenal dlm keilmuan dan periwayatan hadits.”

Adapun Abdurrahman As Sulami salah seorang perawi dlm hadits ini mk ia masturul hal walaupun telah meriwayatkan dari jama‘ah namun tdk ada seorang alim yg mu‘tabar yg men-tsiqah-kan . Ibnul Qaththan Al Fasi mendha’ifkan hadits ini krn hal tersebut.

Demikian pula dgn Hujr bin Hujr Al Kala‘i tdk ada yg meriwayatkan dari kecuali Khalid bin Ma‘dan dan tdk ada seorang alim yg mu‘tabar yg men-tsiqah- kan sehingga ia dinyatakan majhulul ‘ain . Berkata Ibnul Qaththan: “Orang ini tdk dikenal.” Namun sebagaimana kata Al Imam Al Hakim di atas hadits ini diriwayatkan juga dari selain mereka berdua dan disebutkan jalan-jalan yg saling menguatkan satu dgn lain oleh Al-Hafidz Ibnu Rajab dlm kitab Jami’ul ‘Ulum mk hadits ini hasan. Penghasanan hadits ini dinyatakan oleh Syaikhuna Muqbil bin Hadi Al Wadi‘i rahimahullah walaupun ada sebagian ulama yg menshahihkan sehingga mereka bersepakat bahwa hadits ini bisa dijadikan sebagai hujjah kecuali Ibnul Qaththan Al Fasi yg mendha’ifkan hadits ini.
.

Kandungan Hadits

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan kepada Nabi-Nya :
“Berilah nasihat kepada mereka dan katakanlah kepada mereka ucapan yg bisa dipahami mengena dan menancap di jiwa-jiwa mereka.”

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memiliki sifat selalu memberikan bimbingan kepada jalan yg lurus terhadap siapa saja dari kalangan umat sehingga ketika para sahabat meminta agar beliau memberikan nasihat mk beliau pun memenuhi diiringi dgn hikmah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ketika menyampaikan nasihat senantiasa memilih kata-kata yg tepat lafadz yg indah mengena di hati dan menancap dgn dalam. Beliau tdk menyampaikan nasihat dgn kalimat yg panjang lagi bertele-tele namun cukup dgn kalimat yg ringkas namun mencakup dan dimengerti. Karena itulah beliau dikenal oleh para sahabat sebagai orang yg memiliki jawami`ul kalim . Sebagaimana sabda beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:

“Aku diutus dgn jawami‘ul kalim.”

‘Ammar bin Yasir radliallahu anhu pernah menyampaikan khutbah dgn ringkas dan dipenuhi dgn kata-kata yg tepat ibarat yg indah dan menancap di hati. Seusai khutbah ada seseorang yg menegurnya. mk ‘Ammar pun menanggapi dgn jawaban yg tepat: “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
“Sesungguh panjang shalat seseorang dan ringkas khutbah merupakan tanda kefaqihannya. Karena itu panjangkanlah shalat dan ringkaskanlah khutbah. Sesungguh di antara penyampaian dan ucapan ada yg membuat orang tersihir.”

Nasihat yg disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ketika itu sangatlah menancap di hati para sahabat hingga hati mereka bergetar dan air mata mereka pun berlinang karenanya. Inilah sifat kaum mukminin tatkala mendengar nasihat dari Allah dan Rasul-Nya sebagaimana firman-Nya:
“Hanyalah yg dikatakan orang2 beriman itu adl mereka yg ketika disebut nama Allah bergetar hati-hati mereka.”

“Dan apabila mereka mendengar apa yg diturunkan kepada Rasul engkau akan melihat mereka berlinangan air mata krn apa yg mereka ketahui dari kebenaran.”

Demikianlah nasihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yg seolah-olah beliau akan pergi meninggalkan mereka dgn memberikan nasihat perpisahan. Sebagaimana yg telah diketahui orang yg akan pergi jauh tdk akan meninggalkan sesuatu yg penting kecuali disampaikan dan dipesankannya.

Setelah mendengar nasihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam para sahabat pun khawatir mereka tdk akan bertemu lagi dgn Rasulullah setelah sehingga utk menyempurnakan nasihat yg ada mereka meminta wasiat beliau seraya berkata: “Wahai Rasulullah seakan-akan ini nasihat orang yg akan berpisah krn itu berilah wasiat kepada kami.” Beliau pun memberikan wasiat di antaranya:

Wasiat utk Takwa kepada Allah

Berkata ahlul ilmi takwa merupakan pokok kebaikan dan inti dari segala perkara. Seluruh seruan kepada pintu kebaikan maupun larangan kepada kejelekan terkumpul dlm kalimat takwa ini.

Takwa ini pula merupakan wasiat Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada orang2 terdahulu maupun yg belakangan sebagaimana dlm firman-Nya:
“Sungguh Kami telah mewasiatkan kepada orang2 yg diberikan Al Kitab sebelummu dan juga kepada kalian agar bertakwa kepada Allah.”

Kita diperintah oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala utk berbekal dengan sebagaimana firman-Nya:
“Berbekallah kalian mk sesungguh sebaik-baik bekal adl takwa.”

Oleh krn itu terkumpul dlm takwa ini kebaikan dunia dan akhirat.

Wasiat utk Mendengar dan Taat

Yang dimaksud dgn mendengar dan taat oleh beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di sini adl kepada para pemimpin kaum muslimin krn taat kepada mereka akan membawa kepada kebahagiaan dunia dan akhirat. Dimana dgn mentaati mereka akan baiklah kehidupan orang2 yg dipimpin dan menjadi amanlah negeri di samping juga dapat membantu menegakkan agama mereka.

Hal ini merupakan kewajiban agama krn Allah telah berfirman:
“Taatlah kalian kepada Allah dan taatlah kalian kepada Rasulullah dan kepada pemimpin di antara kalian.”

Kewajiban mendengar dan taat ini tetap berlaku bahkan ketika yg menjadi pemimpin itu seorang budak sekalipun. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah berpesan: “Tetaplah kalian mendengar dan taat sekalipun yg memimpin kalian itu seorang budak Habasyah yg rambut seperti kismis.”

Al Imam Ibnu Daqiqil ‘Ied rahimahullah menyatakan bahwa sebagian ulama berkata: “Seorang budak tdk bisa menjadi pemimpin akan tetapi penyebutan pemimpin dari kalangan budak dlm hadits ini hanyalah sekedar permisalan walaupun tdk mungkin terjadi sama hal dgn sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam: “Siapa yg membangun masjid utk Allah walaupun besar hanya seperti sarang burung mk Allah akan membangunkan untuk sebuah rumah di surga.” Dan telah diketahui bahwa ukuran sarang burung tdk mungkin dapat digunakan oleh manusia sebagai masjid akan tetapi di sini hanya didatangkan sebagai permisalan.”

Dimungkinkan pula di sini Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ingin mengabarkan rusak perkara apabila diserahkan urusan kepada selain ahli sampai akhir kepemimpinan diserahkan kepada seorang budak . Sehingga andaikan permisalan yg disebutkan itu terjadi tetaplah kalian mendengar dan taat terpaksa menempuh kemudharatan yg lbh ringan di antara dua kemudharatan yg ada dgn bersabar atas kepemimpinan seseorang yg sebenar tdk boleh menjadi pemimpin. Yang mana apabila membangkang kepada akan mengantarkan kepada fitnah yg besar.”

Tentu ketaatan kepada pemimpin itu sebatas dlm perkara yg ma‘ruf tanpa melanggar hak Allah Subhanahu Wa Ta’ala krn Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Ketaatan itu hanyalah dlm perkara kebaikan.”

Wasiat utk Berpegang Teguh dgn Sunnah

Nabi Shallallahu alaihi wasallam mengatakan: “Siapa di antara kalian yg masih hidup sepeninggalku niscaya dia akan melihat perselisihan yg banyak. Karena itu wajib atas kalian utk berpegang dgn sunnahku dan sunnah Al Khulafa’ Ar Rasyidin yg mendapatkan petunjuk. Gigit/pegang erat-erat sunnah itu dgn gigi geraham kalian.”

Ini merupakan salah satu tanda di antara tanda-tanda kenabian beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di mana beliau mengabarkan kepada para sahabat tentang perkara yg akan datang sepeninggal yakni akan terjadi perselisihan yg banyak di kalangan umat beliau. Hal ini sesuai dgn pengabaran beliau bahwasa umat ini akan berpecah belah menjadi 70 lbh golongan semua masuk neraka kecuali satu yg selamat yaitu mereka yg berpegang dgn apa yg dipegangi oleh Rasulullah dan para sahabatnya.

Karena itulah sebagai bahtera penyelamat dari gelombang perselisihan dan perpecahan ini adl berpegang teguh dgn sunnah beliau dan para Al Khulafa’ Ar Rasyidin. Saking kuat keharusan berpegang tersebut hingga diibaratkan seperti menggigit dgn geraham . Ditambahkan oleh Syaikhul Islam bahwa dikhususkan penyebutan geraham dlm hadits ini krn gigitan gigi geraham ini sangat kokoh.

Kata Al Imam As Sindi: “Hal ini menunjukkan keharusan utk bersabar terhadap kepayahan yg menimpa di jalan Allah sebagaimana yg harus dihadapi orang yg sakit terhadap derita yg menimpa dari sakitnya.” .

Adapun sunnah yg dimaksudkan dlm sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ini adl jalan hidup beliau yg lurus dan jelas.

Selain mengikuti Sunnah beliau diperintahkan pula setelah utk memegangi sunnah Al Khulafa’ Ar Rasyidin dan mereka yg dimaksud di sini adl Abu Bakar Umar Utsman dan Ali radliyallahu ‘anhum kata Ibnu Daqiqil `Ied. Para khalifah ini disifatkan dgn krn mereka mengetahui mengenali kebenaran dan memutuskan dengannya. Mereka adl krn Allah telah memberi petunjuk mereka kepada kebenaran dan tdk menyesatkan mereka dari kebenaran tersebut.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menggandengkan sunnah Al Khulafa’ Ar Rasyidin dgn Sunnah beliau krn para khalifah ini tatkala menetapkan sunnah bisa jadi mengikuti Sunnah Nabi itu sendiri dan bisa pula mereka mengikuti apa yg mereka pahami dari Sunnah Nabi secara global dan rinci yg mana perkara tersebut tersembunyi bagi yg lainnya.
Al Imam Asy Syaukani dlm Al Fathur Rabbani mengatakan: “Sunnah adl jalan yg ditempuh sehingga seakan-akan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: ‘Tempuhlah jalanku dan jalan Al Khulafa’ Ar Rasyidin’. Jalan Al Khulafa’ Ar Rasyidin di sini sama dgn jalan Rasulullah krn mereka merupakan orang yg paling bersemangat dlm berpegang dgn Sunnah beliau dan mengamalkan dlm segala perkara. Bagaimana pun keadaan mereka sangatlah berhati-hati dan menjaga diri agar tdk sampai jatuh ke dlm perkara yg menyelisihi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sekalipun dlm perkara yg terbilang kecil terlebih lagi dlm perkara yg besar.”

Beliau kemudian melanjutkan: “Minimal dari faidah hadits ini adl ra`yu yg bersumber dari mereka adl lbh utama dari pendapat orang selain mereka sekalipun ternyata setelah ditinjau kembali hal itu merupakan Sunnah Rasulullah dan juga lbh baik daripada tdk ada dalil.”

Wasiat utk Berhati-hati
dari Bid‘ah

Ucapan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:“Hati-hati kalian dari perkara-perkara baru” merupakan peringatan kepada umat beliau dari perkara baru yg diada-adakan lalu disandarkan kepada agama sementara perkara tersebut tdk ada asal sama sekali di dlm syariat ini. Dan beliau tekankan lagi peringatan beliau ini dgn sabdanya: “ krn tiap bid`ah itu sesat”.

Adapun ucapan para ulama yg menganggap baik sebagian bid‘ah mk kembali hal tersebut kepada pengertian bid‘ah secara bahasa bukan bid‘ah menurut syariat. Seperti perkataan Umar radliallahu anhu ketika melihat kaum muslimin shalat tarawih berjamaah dipimpin seorang imam ia berucap: “Sebaik-baik bid‘ah adl perbuatan ini.”

Shalat tarawih berjamaah ini bukanlah bid‘ah dlm pengertian syar‘i krn perbuatan ini telah ada asal dlm syariat di mana Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah melakukan bersama para sahabat selama beberapa malam dari malam-malam Ramadhan. Adapun Umar hanya menghidupkan kembali setelah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tdk melanjutkan pelaksanaan krn khawatir perkara tersebut akan diwajibkan kepada umat beliau sementara mungkin ada di antara mereka yg tdk mampu melaksanakannya.

Wallahu ta‘ala a‘lam bish shawaab

Sumber: www.asysyariah.com

apa yang dicontohkan islam sebelum tidur?

apa yang dicontohkan islam sebelum tidur?

llamah Syeikh Jawad Al-Maliki At-Tabrizi berpesan agar kita selalu memperhatikan adab tidur, supaya Allah Yang Maha Dermawan memberi karunia kepada kita dalam tidur kita, yaitu karunia yang agung sebagaimana yang telah dikaruniakan kepada para nabi, para wali dan orang-orang mukmin dalam tidur mereka.

Selain itu agar kita tahu bahwa Allah swt menganugrahkan pengenalan diri kepada sebagian mereka dalam tidur mereka, sehingga seolah-olah ia melihat dirinya berada di alam yang tinggi dan hakikat dirinya bercahaya, dan seolah-olah dirinya menyatu dengan hakikat malaikat maut. Berkat keagungan kondisi ruhani ini ketika terbangun seolah-olah ia melihat malaikat itu merapatkan tubuhnya padanya. Kemudian ia bertanya-tanya, mengapa ini terjadi… sampai keadaan itu menghilang darinya.

Wahai saudara-saudaraku, betapa banyak makrifat yang diungkapkan pada seorang Salik (penempuh perjalanan ruhani) dalam mimpinya; dan betapa banyak Maqamat (stasiun-stasiun perjalanan ruhani) yang dikaruniakan kepadanya melalui mimpi-mimpinya yaitu bertemu dengan para Nabi (as ), para Imam (sa) dan para ulama besar (ra).

Ada suatu hadis yang menjelaskan tentang maksud firman Allah swt:
وَلَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي اْلأَخِرَةِ

“Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat.” (Yunus: 64). Menurut hadis tersebut bahwa yang maksud dengan kata “Al-Busyra fil hayatid dun-ya” (berita gembira dalam kehidupan di dunia) adalah mimpi yang baik yang dirasakan oleh seorang mukmin, atau pengalaman ruhani yang diperlihatkan dalam mimpinya.

Allamah Syeikh Jawad Al-Maliki At-Tabrizi banyak mencapai keinginannya melalui tidurnya. Yaitu, ketika beliau mimpi bertemu dengan Ma’shumin (orang-orang suci), dan mereka mengilhaminya karunia-karunia yang agung dalam tidurnya, ia merasakan kelezatan dan kebahagiaan ruhani pada saat bangun dari tidurnya akibat dari kelezatan ruhani yang ia rasakan dalam mimpinya. Sehingga, setiap menjelang tidur ia penuh harapan dan keinginan untuk memperoleh mimpi seperti itu.

Ada salah seorang bertanya kepadanya: Bukankah kesenangan itu hanya dalam mimpi? Ia menjawab: Aku menyukai yang demikian. Lalu ia melanjutkan jawabannya dalam bentuk syair berbahasa Persia, yang artinya:
Aku, aku berzikir kepada-Mu dalam kesunyian
ingin melihat keindahan-Mu dalam tidurku
Sehingga ketika aku bangun dari tidurku
Engkaulah yang pertama datang ke dalam kalbuku
(Adab Tidur oleh Allamah At-Tabrizi)

Adab-Adab Tidur
Di antara adab tidur adalah menghadapkan wajah kita ke kiblat dan hati kepada Allah swt, menyebut nama-nama Allah, melakukan amalan-amalan menjelang tidur sesuai dengan kemampuan, menyerahkan jiwanya kepada Allah Yang Maha Agung, dan mengamalkan amalan-amalan yang terpenting menjelang tidur, yaitu:

• Mbaca Bismillahir Rahmanir Rahim dalam hati dan lisan.
• Membaca Surat Al-Kahfi 110, sambil merenungi kandungan maknanya, yaitu:
قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ اِنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَمَنْ كَانَ يَرْجُوا لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلاً صَالِحاً وَ لاَ يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدَا

Qul innamâ ana basyarun mitslukum yûhâ ilayya, innamâ Ilâhukum Ilâhun wâhid, faman kâna yarjû liqâa Rabbihi falya’mal ‘amalan shâlihan walâ yusyrik bi’ibâdati Rabbihi ahadâ.

Katakanlah: “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: ‘Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa.” Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaknya ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Tuhannya.” (Al-Kahfi: 110).

• Membaca surat Al-Baqarah 285, sambil merenungi kandungan makna, yaitu:
آمَنَ الرَّسولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَ الْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَ مَلاَئِكَتِهِ وَ كُتُبِهِ وَ رُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَك رَبَّنَا وَ إِلَيْك الْمَصِيْرُ

Amanar Rasûlu bimâ unzila ilayhi mir Rabbihi wal mu’minûna, kullun âmana billâhi wa malâikatihi wa kutubihi wa rusulihi, lâ nufarriqu bayna ahadin mir rusulihi, wa qâlû sami`nâ wa atha`na ghufrânaka Rabbanâ wa ilaykal mashîr.

Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): Kami tidak membeda-bedakan antara seorangpun (dengan yang lain) dari rasu-rasul-Nya, dan mereka berkata: Kami dengar dan taat. (Mereka berdoa): Ampunilah kami ya Tuhan kami, dan Engkaulah tempat kembali. (Al-Baqarah: 285).

• Membaca Tasbih Az-Zahra’, yaitu: Allahu Akbar (34 kali), Alhamdulillah (33 kali), Subhanallah (33 kali).
• Membaca ayat Kursi (Al-Baqarah: 255)
• Membaca Surat Al-Ikhlash (21 kali atau 3 kali)
• Membaca (3 kali):
يَفْعَلُ اللهُ مَايَشَآءُ بِقُدْرَتِهِ وَيَحْكُمُ مَايُرِيْدُ بِعِزَّتِهِ

Yaf’alullâhu mâ yasyâu bi-qudratihi wa yahkumu mâ yurîdu bi-’izzatih.
Allah melakukan apa yang diinginkan dengan kekuasaan-Nya dan menetapkan apa yang dikehendaki dengan keperkasaan-Nya.

• Membaca surat Ali-Imran 18:
شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ وَ الْمَلاَئِكَةُ وَ أُولُوا الْعِلْمِ قَائِمَا بِالْقِسْطِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكيمُ‏

Syahidallâhu annahû lâ ilâha illâ Huwa, wal malâikatu wa ûtul ‘ilmi, qâiman bil-qisthi, lâ ilâha illâ Huwal ‘azîzur rahîm.

Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia Yang Menegakkan keadilan; para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan demikian). Tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Perkasa dan Bijaksana.(Ali-Imran: 18).

• Membaca istighfar
(Mafatihul Jinan, kunci-kunci surga, bab 1, halaman 126)

Amalan Fatimah Az-Zahra’ (sa) Menjelang tidur
Fatimah Az-Zahra’ puteri Nabi saw berkata: Pada suatu malam menjelang aku tidur Rasulullah saw datang kepadaku. Lalu beliau bersabda: “wahai Fatimah, janganlah kamu tidur sebelum kamu mengamalkan 4 hal: menamatkan Al-Qur’an, menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu, menjadikan orang-orang mukmin ridha kepadamu, melakukan haji dan umrah.” Fatimah bertanya kepada Rasulullah saw: Ya Rasulallah, engkau perintahkan aku empat hal yang tak mampu aku lakukan, Rasulullah saw tersenyum dan bersabda: “Jika kamu membaca Surat Al-Ikhlash (3 kali), kamu seperti menamatkan Al-Qur’an; jika kamu bershalawat kepadaku dan para nabi, kami para nabi akan menjadi pemberi syafaat bagimu di hari kiamat; jika kamu memohonkan ampunan bagi orang-orang mukmin, mereka akan ridha padamu; jika kamu membaca Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, kamu seperti melakukan haji dan umrah.” (Mafâtihul Jinân, kunci-kunci surga, hlm 488)



Adab dan Doa sebelum Tidur

Adab dan Doa sebelum Tidur
Sebagai pengantar mari kita simak komentar seorang irfan (sufi besar) yaitu Allamah Syeikh Jawad Al-Maliki At-Tabrizi berpesan agar kita selalu memperhatikan adab tidur, supaya Allah Yang Maha Dermawan memberi karunia kepada kita dalam tidur kita, yaitu karunia yang agung sebagaimana yang telah dikaruniakan kepada para nabi, para wali dan orang-orang mukmin dalam tidur mereka.

Selain itu agar kita tahu bahwa Allah swt menganugrahkan pengenalan diri kepada sebagian mereka dalam tidur mereka, sehingga seolah-olah ia melihat dirinya berada di alam yang tinggi dan hakikat dirinya bercahaya, dan seolah-olah dirinya menyatu dengan hakikat malaikat maut. Berkat keagungan kondisi ruhani ini ketika terbangun seolah-olah ia melihat malaikat itu merapatkan tubuhnya padanya. Kemudian ia bertanya-tanya, mengapa ini terjadi… sampai keadaan itu menghilang darinya.

Wahai saudara-saudaraku, betapa banyak makrifat yang diungkapkan pada seorang Salik (penempuh perjalanan ruhani) dalam mimpinya; dan betapa banyak Maqamat (stasiun-stasiun perjalanan ruhani) yang dikaruniakan kepadanya melalui mimpi-mimpinya yaitu bertemu dengan para Nabi (as ), para Imam (sa) dan para ulama besar (ra).

Ada suatu hadis yang menjelaskan tentang maksud firman Allah swt:
وَلَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي اْلأَخِرَةِ

“Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat.” (Yunus: 64). Menurut hadis tersebut bahwa yang maksud dengan kata “Al-Busyra fil hayatid dun-ya” (berita gembira dalam kehidupan di dunia) adalah mimpi yang baik yang dirasakan oleh seorang mukmin, atau pengalaman ruhani yang diperlihatkan dalam mimpinya.

Allamah Syeikh Jawad Al-Maliki At-Tabrizi banyak mencapai keinginannya melalui tidurnya. Yaitu, ketika beliau mimpi bertemu dengan Ma’shumin (orang-orang suci), dan mereka mengilhaminya karunia-karunia yang agung dalam tidurnya, ia merasakan kelezatan dan kebahagiaan ruhani pada saat bangun dari tidurnya akibat dari kelezatan ruhani yang ia rasakan dalam mimpinya. Sehingga, setiap menjelang tidur ia penuh harapan dan keinginan untuk memperoleh mimpi seperti itu.

Ada salah seorang bertanya kepadanya: Bukankah kesenangan itu hanya dalam mimpi? Ia menjawab: Aku menyukai yang demikian. Lalu ia melanjutkan jawabannya dalam bentuk syair berbahasa Persia, yang artinya:
Aku, aku berzikir kepada-Mu dalam kesunyian
ingin melihat keindahan-Mu dalam tidurku
Sehingga ketika aku bangun dari tidurku
Engkaulah yang pertama datang ke dalam kalbuku
(Adab Tidur oleh Allamah At-Tabrizi)

Adab-Adab Tidur
Di antara adab tidur adalah menghadapkan wajah kita ke kiblat dan hati kepada Allah swt, menyebut nama-nama Allah, melakukan amalan-amalan menjelang tidur sesuai dengan kemampuan, menyerahkan jiwanya kepada Allah Yang Maha Agung, dan mengamalkan amalan-amalan yang terpenting menjelang tidur, yaitu:

• Mbaca Bismillahir Rahmanir Rahim dalam hati dan lisan.
• Membaca Surat Al-Kahfi 110, sambil merenungi kandungan maknanya, yaitu:
قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ اِنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَمَنْ كَانَ يَرْجُوا لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلاً صَالِحاً وَ لاَ يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدَا

Qul innamâ ana basyarun mitslukum yûhâ ilayya, innamâ Ilâhukum Ilâhun wâhid, faman kâna yarjû liqâa Rabbihi falya’mal ‘amalan shâlihan walâ yusyrik bi’ibâdati Rabbihi ahadâ.

Katakanlah: “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: ‘Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa.” Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaknya ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Tuhannya.” (Al-Kahfi: 110).

• Membaca surat Al-Baqarah 285, sambil merenungi kandungan makna, yaitu:
آمَنَ الرَّسولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَ الْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَ مَلاَئِكَتِهِ وَ كُتُبِهِ وَ رُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَك رَبَّنَا وَ إِلَيْك الْمَصِيْرُ

Amanar Rasûlu bimâ unzila ilayhi mir Rabbihi wal mu’minûna, kullun âmana billâhi wa malâikatihi wa kutubihi wa rusulihi, lâ nufarriqu bayna ahadin mir rusulihi, wa qâlû sami`nâ wa atha`na ghufrânaka Rabbanâ wa ilaykal mashîr.

Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): Kami tidak membeda-bedakan antara seorangpun (dengan yang lain) dari rasu-rasul-Nya, dan mereka berkata: Kami dengar dan taat. (Mereka berdoa): Ampunilah kami ya Tuhan kami, dan Engkaulah tempat kembali. (Al-Baqarah: 285).

• Membaca Tasbih Az-Zahra’, yaitu: Allahu Akbar (34 kali), Alhamdulillah (33 kali), Subhanallah (33 kali).
• Membaca ayat Kursi (Al-Baqarah: 255)
• Membaca Surat Al-Ikhlash (21 kali atau 3 kali)
• Membaca (3 kali):
يَفْعَلُ اللهُ مَايَشَآءُ بِقُدْرَتِهِ وَيَحْكُمُ مَايُرِيْدُ بِعِزَّتِهِ

Yaf’alullâhu mâ yasyâu bi-qudratihi wa yahkumu mâ yurîdu bi-’izzatih.
Allah melakukan apa yang diinginkan dengan kekuasaan-Nya dan menetapkan apa yang dikehendaki dengan keperkasaan-Nya.

• Membaca surat Ali-Imran 18:
شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ وَ الْمَلاَئِكَةُ وَ أُولُوا الْعِلْمِ قَائِمَا بِالْقِسْطِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكيمُ‏

Syahidallâhu annahû lâ ilâha illâ Huwa, wal malâikatu wa ûtul ‘ilmi, qâiman bil-qisthi, lâ ilâha illâ Huwal ‘azîzur rahîm.

Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia Yang Menegakkan keadilan; para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan demikian). Tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Perkasa dan Bijaksana.(Ali-Imran: 18).

• Membaca istighfar
(Mafatihul Jinan, kunci-kunci surga, bab 1, halaman 126)

Amalan Fatimah Az-Zahra’ (sa) Menjelang tidur
Fatimah Az-Zahra’ puteri Nabi saw berkata: Pada suatu malam menjelang aku tidur Rasulullah saw datang kepadaku. Lalu beliau bersabda: “wahai Fatimah, janganlah kamu tidur sebelum kamu mengamalkan 4 hal: menamatkan Al-Qur’an, menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu, menjadikan orang-orang mukmin ridha kepadamu, melakukan haji dan umrah.” Fatimah bertanya kepada Rasulullah saw: Ya Rasulallah, engkau perintahkan aku empat hal yang tak mampu aku lakukan, Rasulullah saw tersenyum dan bersabda: “Jika kamu membaca Surat Al-Ikhlash (3 kali), kamu seperti menamatkan Al-Qur’an; jika kamu bershalawat kepadaku dan para nabi, kami para nabi akan menjadi pemberi syafaat bagimu di hari kiamat; jika kamu memohonkan ampunan bagi orang-orang mukmin, mereka akan ridha padamu; jika kamu membaca Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, kamu seperti melakukan haji dan umrah.” (Mafâtihul Jinân, kunci-kunci surga, hlm 488)

Wassalam
Syamsuri Rifai

http://syamsuri149.wordpress.com/2008/03/30/adab-dan-doa-sebelum-tidur/

makalah pemasaran dan pasar

DASAR PEMASARAN


TUGAS
DEFINISI PASAR DAN PEMASARAN






Disusun Oleh :

Nama : Santoso Permadi

Kelas : 1EB13

NPM :26210365




UNIVERSITAS GUNADARMA
2010

BAB I
Pendahuluan



1.1 Latar Belakang Pasar dan Pemasaran

Pada umumnya suatu transaksi jual beli melibatkan produk/barang atau jasa dengan uang sebagai alat transaksi pembayaran yang sah dan disetujui oleh kedua belah pihak yang bertransaksi.Hal ini biasanya terjadi terjadi di Pasar,namun banyak kalangan mahasiswa yang tidak mengetahui arti pasar secara sempit maupun secara luas menurut para ahli.Demikian juga dengan pemasaran,Pada umumnya pengertian pemasaran sering di artikan dengan penjualan,namun hal itu tidaklah benar untuk di jadikan pengertian yang baik.Dan hal tersebut yang menjadi latar belakang penulis untuk membuat makalah tentang Definisi Pasar dan Pemasaran.

1.2 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini secara umum adalah sebagai tugas dari bidang studi dasar pemasaran.Dan secara khusus untuk lebih mengkaji definisi-definisi pasar dan pemasaran .Makalah ini di buat dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengetahui serta mengkaji lebih dalam akana pengertian dari kata pasar dan kata pemasaran.











BAB II
BAB PEMBAHASAN


2.1 Definisi Pasar

Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Definisi pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.
Pasar adalah konsumen pribadi atu organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.

2.2 Definisi Pemasaran

Beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :

a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.






BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Berdasarkan definisi-definisi yang telah di paparkan dalam bagian pembahasan di atas.Maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut :

Pasar adalah tempat di mana konsumen berorientasi untuk memenuhi segala kebutuhannya dengan membelanjakan uangnya untuk membeli barang atau jasa yang di butuhkanya,Serta di mana produsen berorientasi terhadap keuntungan setelah bertransaksi dengan konsumen.Sedangkan pemasaran dapat di simpulkan dengan artian pemasaran itu adalah kegiatan untuk mengoperasikan sistem bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa,menetapkan harga,promosi,dan lain-lain. Dengan cara pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.


3.2 Saran

Dari makalah ini masih terdapat berberapa saran yang dapat di jadikan sebagai pengembangan makalah ini selanjutnya,yaitu :

1.Definisi dari para ahli perlu di tambahkan lagi.
Karena definisi para ahli cukup banyak yang mendefinisikan apa itu pasar dan pemasaran.

2.objek yang di kaji harus lebih di perluas lagi.
Misalnya pemasaran kita tambah lagi objeknya mencakup pemasaran makro dan mikro.

REFERENSI :

Teguh budiman,Dasar pemasaran,Universitas gunadarma(seri diktat kuliah)
http://majidbsz.wordpress.com
http://organisasi.org

kunjungi http://gunadarma.ac.id/