Pages

Minggu, 28 November 2010

ANALISIS PERILAKU PASAR KONSUMEN


ANALISIS PERILAKU PASAR KONSUMEN DI KELUARGAKU

Pada kesempatan kali ini,Saya akan menganalisis kegiatan perilaku pasar konsumen yang di titik beratkan pada keluarga saya sendiri khususnya orang tua saya terhadap minyak goreng .
INFORMASI STATISTIK
1.      Apa yang di konsumsi pada analisis kali ini ? Minyak goreng.
2.      Siapa yang mengkonsumsi ? Orangtua saya,di gunakan untuk memasak.
3.      Berapa harga minyak goreng  ? kisaran Rp 16.000 ke atas (1 kg)
4.      Kapan biasanya orangtua anda membeli minyak tersebut ? biasanya setiap 1 minggu sekali.
5.      Di mana orangtua anda membelinya ? Beliau biasa membeli di supermarket/minimarket terdekat.


INFORMASI PSIKOLOJIK
Hal apa saja yang membuat orangtua saya memilih/mengkonsumsi minyak goreng bimoli ?
·         MOTIVASI
Orangtua saya membeli minyak goreng tersebut  sebab beliau terMOTIVASI untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
·         PERSEPSI
Berdasarkan pengalaman pribadi beliau beliau telah banyak mencoba berbagai macam
minyak goreng ,beliau lebih memilih  minyak goreng bimoli karena minyak ini berbeda dengan yang lainnya lebih jernih dan irit.
·         KEPERCAYAAN
Orangtua biasanya ingin anaknya sehat selalu,sebelum memilih minyak goring selalu melihat kandungan yang terkandung dalam minyak tersebut.ketika kandungan yang terkandung dalam minyak itu baik,Beliau percaya minyak ini dapat menjaga kesehatan keluarga kami.
·         SIKAP
Keputusan membeli atau tidakmembeli merupakan konsekuaensi dari sikap seseorang.dalam produk minyak goreng ini banyak di terima oleh masyarakat,hanya sedikit yang menolak produk ini.
·         FAKTOR SOSIAL
Keputusan orangtua saya membeliminyak goring ini di pengaruhi oleh factor eksternal,keluarga besar saya turun-temurun menggunakan minyak goring Ini,tetangga saya juga demikian.
·         KELAS SOSIAL
Karena status beliau termasuk keluarga cukup(Menengah ke atas),jadi beliau membeli minyak goring yang cukup mahal dengan kualitas yang baik.
·         KELUARGA
Banyak anggota keluarga yang mengeluh karena gorengan yang di goring menggunakan merek yang dulu sangat susah hilang,menempel di goreng’an.selainitu keluargapun menyarankan ibu saya menggunakan minyak goring ini.




INFORMASI DINAMIK
Proses pembelian terjadi :
1.      Kegiatan munculnya gagasanuntuk membeli(initiating)
Proses pembelian minyak goreng sangat di pengaruhi oleh initiating orang tua saya sendiri.Orangtua saya mempunyai gagasan untuk membeliproduk ini setelah mengetahui kelebihan produk ini dalam media elektronik.
2.      Pengembangan atau dorongan agar dorongan tersebut di realisir.( Influencer)
Proses pembelian minyak goreng sangat di pengaruhi oleh influencer,yaitu peranan nenek,tetangga,dan pendapat ahli tentang produk ini.
3.      Kegiatan pengambilan keputusan untuk membeli (decision making)
Setelah melalui 4 proses pengambilan keputusan untuk membeli yaitu :
§         Perumusan masalah
§         Pengumpulan informasi
§         Pengembangan dan penilaian alternative
§         Penentuan alternative terbaik/pengambilan keputusan,Dan
§         Kegiatan keputusan setelah di ambil
4.      Kegiatan pelaksanaan pembelian(purchasing)
Setelah Orang tua saya lmengambil keputusan dari point ke 4 di atas,akhirnya orangtua saya  membeli minyak tersebut.
5.      Pemakaian barang tersebut (using)
Orangtua saya pun hingga saat ini masih mengkonsumsi tiap hari minyak goreng tersebut untuk keperluan masak setiap hari.