Pages

Kamis, 07 Oktober 2010

penjualan vs pemasaran

DASAR PEMASARAN


TUGAS
PEMASARAN VS PENJUALAN






Disusun Oleh :

Nama : Santoso Permadi

Kelas : 1EB13

NPM : 26210365





UNIVERSITAS GUNADARMA
2010

BAB I
Pendahuluan



1.1 Latar Belakang

Untuk sekian lamanya di dalam dunia Pasar ,Pengertian pemasaran sering di artikan dengan penjualan.Namun,pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas di bandingkan dengan penjualan.
Pemasaran dan penjualan identik dengan kegiatan ekonomi. Penjualan didahulukan dengan proses pemasaran terlebih dahulu. Pemasaran merupakan penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Pemasaran biasa diartikan sebagai upaya yang dilakukan untuk meraih pesanan pembelian. Tindakannya adalah melakukan kontak dengan calon pembeli dan menyampaikan pesan penjualan. Penjualan biasa dikatakan sebagai strategi-strategi yang digunakan untuk menghasilkan suatu hasil dari pemasaran. Penjualan yang biasa ditawarkan adalah produk (baik barang maupun jasa), sedangkan pemasaran tidak hanya menjual produk, tetapi juga menjual konsep.
Menurut hemat saya pemasaran dan penjualan adalah hal yang bekesinambungan .karena dalam kegiatan pemasaran di dalamnya terdapat unsur penjualan. Pada penulisan kali ini saya akan memaparkan hubungan antara pemasaran dan penjualan. Mudah-mudahan penulisan terbatas ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.


1.2 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini secara umum adalah sebagai tugas dari bidang studi dasar pemasaran.Dan secara khusus untuk mengetahu apakah berbeda antara penjualan dengan pemasaran .Makalah ini juga di buat dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengetahui serta mengkaji lebih dalam akan perbedaan dan pesrsamaan pemasaran dan penjualan.














BAB II
BAB PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Penjualan
penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untiuk mengembangkan rencana rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991).penjualan merupakan sumber hidup dari suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasilkan. Menurut Winardi (1982), penjualan adalah suatu transfer hak atas benda benda. Penjualan juga bisa dikatakan suatu transfer hak atas benda-benda. Dari penjelasan tersebut dapat memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan orang-orang yang bekerja di bidang penjualan seperti pelaksana dagang, agen, wakil pelayanan, dan wakil pemasaran.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan penjualan antara lain kondisi dan kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, dan kondisi organisasi perusahaan.
Dari penjelasan tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan orang orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksanaan dagang, agen, wakil pelayanan dan wakil pamasaran.

2.2 Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Pemasaran bisa diartikan sebagai suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan , dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen.
Ada empat filosofi pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan kegiatan-kegiatan pemasarannya, yaitu berwawasan produksi, berwawasan produk, berwawasan menjual, dan berwawasan pemasaran.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya.
Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yangpaling sesuai dengan tujuan tersebut adalah : pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997). Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan.
Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).


BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Dari paparan di atas dapat saya simpulkan bahwa penjualan itu termasuk di dalam kegiatan pemasaran. Jadi keduanya adalah suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, sehingga konsumen mendapatkan kebutuhan dan keinginan serta kepuasan Dalam kegiatan pemasaran yang sangat kompleks dan saling berkaitan yang satu dengan yang lainnya, seperti promosi dan penjualan, hendaknya dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu laba.bila di tanyakan sama atau beda antara penjualan dan pemasaran jawaban yang paling tepat adalah ”beda”tapi”sama” karena kedua hal tersebut sama sama menawarkan barang yang akan di jual kepada konsumen .namun yang membuat berbeda adalah cara penyampaian dan tujuannya dari kedua aspek tersebut.penjualan lebih memfokuskan kepada kebutuhan penjual,sedangkan pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli.



3.2 Saran

Saya hanya manusia yang mempunyai kemampuan terbatas namun mempunyai usaha yang tak terbatas.begitu juga dengan makalah ini,makalah ini mungkin terbatas kuantitasnya ,namun saya berharap kepada anda memberikan saya saran yang membangun agar usaha saya ntuk membuat makalah yang jauh lebih baik lagi di masa mendatang ini menjadi tak terbatas .....
Dari makalah ini masih terdapat berberapa saran yang dapat di jadikan sebagai pengembangan makalah ini selanjutnya.semoga anda tertarik untuk membuat kelanjutan dari makalah ini.karena dalam makalah ini belum mencakup berbagai aspek yang terlupa .


REFERENSI :


1. www.google.co.id
2. www.wikipedia.org
3. www.yahoo.com
4. Teguh budiman,buku Dasar pemasaran,Universitas gunadarma(seri diktat kuliah)

kunjungi http://gunadarma.ac.id/