Pages

Selasa, 01 Januari 2013

Redominasi Rupiah?

Redenominasi Rupiah adalah menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Misal Rp 1.000 menjadi Rp 1.
Hal yang sama secara bersamaan dilakukan juga pada harga-harga barang, sehingga daya beli masyarakat tidak berubah.

Kabarnya indonesia ingin meredominasi mata uang rupiah?
Bagaimana menurut Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo?
"Masih dalam harmonisasi. Rancangan undang-undang rencananya akan diselesaikan kemudian perlu ada diskusi publik agar redenominasi mata uang dipahami sebagai penyederhanaan, bukan pemotongan uang. Ini perlu sosialsasi, bikin seminar, bicarakan secara terbuka sehingga nanti ketika rancangan undang-undang diajukan ke DPR tidak terjadi salah paham." di Jakarta, Selasa (30/10/2012).

"Kita harus ingat, Indonesia luas dan mata uang rupiah digunakan di seluruh Indonesia yang besar. Jadi butuh waktu untuk sosialisasi," kata Agus, tanpa merinci kapan rancangan undang-undangnya diajukan kepada DPR. 

Ya,redominasi memerlukan proses berkepanjangan dan memerlukan kesabaran dalam meredominasi mata uang rupiah ini,bisa jadi redominasi adalah transformasi Indonesia yang sedang menuju negara maju.
So,bersabarlah.

link : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/10/30/12275992/Redenominasi.Mata.Uang.Disiapkan
http://www.redenominasirupiah.com/

0 komentar:

Posting Komentar