ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK SABUN MANDI HARMONI
Keyword : SEGMENTASI, PASAR, PRODUK, SABUN
Saat ini kita sedang memasuki fenomena perdagangan bebas dimana produk dan jasa berbagai belahan dunia bebas keluar masuk pada sebuah negara. Keadaan ini kemudian memicu terjadi persaingan yang ketat dari berbagai sektor perekonomian. Semakin tumbuh dan berkembangnya perekonomian mendorong perusahaan-perusahaan untuk selalu bersaing.
Seperti halnya yang terjadi di Indonesia. Meskipun sedang mengalami kondisi krisis, daya beli konsumen atas suatu produk makin tinggi. Hal ini tentunya mendorong perusahaan semakin meningkat kualitasnya sehingga pada akhirnya puas atas produk pilihannya. Untuk memenangkan di dalam suatu persaingan tentunya diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar produk yang dihasilkan sesuai dengan pasar sasarannya. Agar tepat pada suatu sasaran, maka suatu produk harus memiliki ciri khas yang bisa membedakan produk tersebut dengan produk pesaing yang nantinya bisa menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli.
Salah satu strategi pemasaran yang perlu diperhatikan adalah strategi segmentasi pasar. Strategi ini penting karena untuk mengidentifikasi apa keinginan konsumen yang paling efektif yang dapat dilayani. Sebuah perusahaan harus mampu mengidentifikasi keinginan masing-masing konsumen mengingat saat ini persaingan antar produk sabun semakin tinggi.
Segmentasi pada dasarnya adalah suatu cara atau mental berpikir yang membantu seseorang melihat isi dunia. Dalam pandangan ini masyarakat dianggap sebagai suatu pasar yang mendiami sejumlah segmen. Untuk memahami segmen-segmen dapat dilakukan dengan pendekatan konsumen, artinnya pengelompokan pasar berdasarkan karakteristik konsumen yang meliputi geografi, demografi, psikografi dan perilaku. Perusahaan dapat mengelompokkan pasar dengan melihat wilayah negara, propins, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis kelamin, pola pemakaian, status kesetian, dan sebagainya.
Adapun dalam penelitian ini penulis menggunakan hanya dua segmen pasar yaitu, segmentasi psikografi dan perilaku, karena kedua segmen ini dapat diukur bila ada keterusterangan dan kerja sama dari konsumen sasaran dengan menjawab quesioner, Sedangkan segmentasi geografi dan demografi dapat diamati secara langsung dan juga mudah untuk ditentukan dan dibuktikan.
Pada awalnya, produk sabun digunakan untuk membersihkan badan atau tubuh, namun dengan kecanggihan tekhnologi maka produsen mampu menciptakan sabun yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan kosumen. Produsen menawarkan manfaat tambahan pada produk dasar mereka, misalnya dengan parfum dan bahan khusus seperti vitamin
Seperti halnya sabun mandi Harmoni yang merupakan alat pembersih yang pada dasarnya digunakan untuk membersihkan badan/tubuh. Pada sabun mandi Harmoni tersebut mempunyai kelebihan yang berbeda yang bisa mejadi alasan bagi konsumen untuk membeli. Sabun mandi Harmoni menawarkan inovasi baru yaitu sabun mandi yang dapat menyehatkan, melembutkan kulit yang mengandung sari buah-buahan.
Cara berpikir segmented adalah cara berpikir pemasaran. Tujuannya adalah memberikan pelayan yang sebaik-baiknya pada masing-masing segmen dan memberikan kepuasan kepada orang-orang di dalam masing-masing segmen tersebut. hanya dengan begitulah makerter dapat memperoleh keuntungan, kepuasan dan kelanggengan usaha. Namun pasar berubah terus, konsumen berubah dan pasar persaingan semakin bertambah. Maka kelanggengan hanya bisa diraih jika markerter menyadari bahwa segmentasi adalah sesuatu yang dinamis. (Kasali;2000).
Berdasarkan alasan-alasan yang dikemukakan diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian di Kelurahan sumbersari di karenakan masyarakatnya berbeda-beda (hetrogen) baik dari tingkat pendidikan, pendapatan dan sebagainya. Maka dengan alasan tersebut, peneliti mengambil judul “ Analisa Segmentasi Pasar Sabun Mandi Harmoni (Study Kasus di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang)”.
Deskripsi Alternatif :
Saat ini kita sedang memasuki fenomena perdagangan bebas dimana produk dan jasa berbagai belahan dunia bebas keluar masuk pada sebuah negara. Keadaan ini kemudian memicu terjadi persaingan yang ketat dari berbagai sektor perekonomian. Semakin tumbuh dan berkembangnya perekonomian mendorong perusahaan-perusahaan untuk selalu bersaing.Seperti halnya yang terjadi di Indonesia. Meskipun sedang mengalami kondisi krisis, daya beli konsumen atas suatu produk makin tinggi. Hal ini tentunya mendorong perusahaan semakin meningkat kualitasnya sehingga pada akhirnya puas atas produk pilihannya. Untuk memenangkan di dalam suatu persaingan tentunya diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar produk yang dihasilkan sesuai dengan pasar sasarannya. Agar tepat pada suatu sasaran, maka suatu produk harus memiliki ciri khas yang bisa membedakan produk tersebut dengan produk pesaing yang nantinya bisa menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli.
Salah satu strategi pemasaran yang perlu diperhatikan adalah strategi segmentasi pasar. Strategi ini penting karena untuk mengidentifikasi apa keinginan konsumen yang paling efektif yang dapat dilayani. Sebuah perusahaan harus mampu mengidentifikasi keinginan masing-masing konsumen mengingat saat ini persaingan antar produk sabun semakin tinggi.
Segmentasi pada dasarnya adalah suatu cara atau mental berpikir yang membantu seseorang melihat isi dunia. Dalam pandangan ini masyarakat dianggap sebagai suatu pasar yang mendiami sejumlah segmen. Untuk memahami segmen-segmen dapat dilakukan dengan pendekatan konsumen, artinnya pengelompokan pasar berdasarkan karakteristik konsumen yang meliputi geografi, demografi, psikografi dan perilaku. Perusahaan dapat mengelompokkan pasar dengan melihat wilayah negara, propins, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis kelamin, pola pemakaian, status kesetian, dan sebagainya.
Adapun dalam penelitian ini penulis menggunakan hanya dua segmen pasar yaitu, segmentasi psikografi dan perilaku, karena kedua segmen ini dapat diukur bila ada keterusterangan dan kerja sama dari konsumen sasaran dengan menjawab quesioner, Sedangkan segmentasi geografi dan demografi dapat diamati secara langsung dan juga mudah untuk ditentukan dan dibuktikan.
Pada awalnya, produk sabun digunakan untuk membersihkan badan atau tubuh, namun dengan kecanggihan tekhnologi maka produsen mampu menciptakan sabun yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan kosumen. Produsen menawarkan manfaat tambahan pada produk dasar mereka, misalnya dengan parfum dan bahan khusus seperti vitamin
Seperti halnya sabun mandi Harmoni yang merupakan alat pembersih yang pada dasarnya digunakan untuk membersihkan badan/tubuh. Pada sabun mandi Harmoni tersebut mempunyai kelebihan yang berbeda yang bisa mejadi alasan bagi konsumen untuk membeli. Sabun mandi Harmoni menawarkan inovasi baru yaitu sabun mandi yang dapat menyehatkan, melembutkan kulit yang mengandung sari buah-buahan.
Cara berpikir segmented adalah cara berpikir pemasaran. Tujuannya adalah memberikan pelayan yang sebaik-baiknya pada masing-masing segmen dan memberikan kepuasan kepada orang-orang di dalam masing-masing segmen tersebut. hanya dengan begitulah makerter dapat memperoleh keuntungan, kepuasan dan kelanggengan usaha. Namun pasar berubah terus, konsumen berubah dan pasar persaingan semakin bertambah. Maka kelanggengan hanya bisa diraih jika markerter menyadari bahwa segmentasi adalah sesuatu yang dinamis. (Kasali;2000).
Berdasarkan alasan-alasan yang dikemukakan diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian di Kelurahan sumbersari di karenakan masyarakatnya berbeda-beda (hetrogen) baik dari tingkat pendidikan, pendapatan dan sebagainya. Maka dengan alasan tersebut, peneliti mengambil judul “ Analisa Segmentasi Pasar Sabun Mandi Harmoni (Study Kasus di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang)”.
Minggu, 31 Oktober 2010
ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK SABUN MANDI HARMONI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar